Poster yang memikat bisa diandalkan sebagai media promosi bisnis. Sekaligus untuk menunjang branding produk. Tak hanya untuk bisnis saja, poster juga bisa diterapkan untuk mendukung informasi pendidikan, layanan sosial, dan sebagainya. Agar hasilnya optimal, berikut ini tipsnya.

Tentukan Topik Poster

Sebelum melangkah pada desain produk, Anda harus menentukan dahulu topik bahasan dari posternya. Kalau Anda memiliki bisnis kafe atau restoran, maka bisa memilih topik seputar menu andalannya. Sehingga pembaca bisa cepat menangkap maksudnya, dan tertarik untuk mencoba hidangan yang ditawarkan.

Jadi, hindari membuat topik poster yang tak sesuai dengan bisnis yang dikembangkan. Sebab cara itu hanya akan membuat pembacanya kebingungan.

Kemudian tentukan pula, apakah pembuatan posternya untuk informasi, promosi atau sekadar menjelaskan menu atau produknya saja. Jadi apa yang ditampilkan pada poster akan lebih tepat sesuai target.

Buat Desain Poster Semenarik Mungkin

Penyajian visual sangat memikat daripada tekstual. Karena itu, pastikan desain posternya memikat dan mengena pembaca. Karena itu, pakailah gambar, tulisan dan layout yang tepat. Sehingga informasi yang disampaikan sangat jelas, padat dan tepat sasaran.

Penting pula untuk memerhatikan pilihan warna. Supaya pembaca lebih mudah mencerna informasi pada poster tersebut. Beberapa tips dalam tentukan desain poster sebagai berikut.

  • Bikin desain tetap terbaca dari kejauhan.¬†¬†Komponen utamanya adalah teks utama lebih besar ukurannya. Kemudian disusul oleh rincian informasi dan penjelasan memikat lain. Terapkan jenis huruf atau font yang menarik dan gampang terbaca. Informasi yang dicantumkan harus ringkas, setiap komponen harus dibedakan warnanya. Sehingga lebih fokus dan menarik orang untuk membacanya.
  • Tampilkan visual yang jelas. Tidak hanya bagian teks saja yang harus mudah terbaca dari kejauhan. Tapi juga visual atau gambar yang ditampilkan. Karena itu desain antara gambar dan tulisan juga harus dibuat proporsional dan mudah dibedakan dari kejauhan sekali pun.
  • Desain kontras. Agar orang lebih terpikat untuk membacanya. Anda juga bisa terapkan warna latar belakang penuh. Supaya poster Anda lebih menonjol ketimbang poster lainnya.
  • Sesuaikan ukuran dan tempat pemasangan poster. Sebagai contoh poster akan dipasang di dinding berwarna biru. Maka jangan bikin poster dengan dominasi warna tersebut. Kemudian ukurannya sesuaikan dengan tempat pemasangan. Sehingga tetap proporsional dan memikat orang untuk melihat dan mengetahui pesannya.

Pilih Bahan Kertas Untuk Poster

Sangat banyak pilihan kertas yang bisa digunakan untuk poster. Jenis kertas yang digunakan akan sangat berpengaruh terhadap hasilnya.

Beberapa jenis kertas yang umumnya digunakan untuk poster adalah reonir extra white, art carton, matt paper, art paper, ivory dan sebagainya. Setiap tipe kertas tersebut tersedia dalam ketebalan dan ukuran yang berbeda.

Cetak Poster di Percetakan Terbaik

Nah, kalau desain poster sudah dirancang, jenis kertas dan ukurannya sudah ditentukan, tinggal langkah terakhir untuk mencetaknya.

Sekarang ini sangat banyak percetakan, bahkan yang menawarkan sistem cetak jarak jauh atau online. Pastinya layanan ini sangat praktis dan memudahkan Anda.

Tetapi penting untuk memilih tempat cetak online profesional dan terpercaya. Anda bisa mencermati para konsumennya, portofolionya, produk atau layanan yang ditawarkan, estimasi pengerjaan, dan biaya yang ditawarkan. Sehingga Anda bisa mendapatkan tempat mencetak poster dengan hasil sangat memuaskan.

Percetakan-makassar.com adalah salah satu percetakan yang menjadikan mutu sebagai target pengerjaan. Jika sedang ingin membuat poster dengan harga murah Anda bisa menghubungi kami.

Nah, itulah tips yang dapat Anda terapkan kala ingin membuat poster, yang memikat untuk berbagai tujuan. Ciptakan desain menarik dan cetak di jasa printing terbaik, untuk hasil yang bisa dibanggakan.

× Order Via Whatsapp