Produk percetakan di bawah ini merupakan produk yang sangat familiar dan paling umum yang ada di masyarakat. Bahkan, beberapa diantaranya termasuk yang sering ditemukan dan begitu populer di sekitar anda. 

Kita sudah membahas beberapa produk percetakan yang baik untuk keperluan branding perusahaan. DI artikel kali ini kita akan membahas jenis produk percetakan yang paling umum dan populer di masyarakat.

Kartu nama

Kartu nama merupakan kartu yang berisi informasi baik individu atau sebuah perusahaan. Bisa dikatakan sebagai alat pengingat di dalam sebuah perkenalan yang bersifat formal.

Umumnya, kartu nama ini berisi nama pemegang kartu, nama perusahaan (termasuk di dalamnya logo perusahaan), nomor telepon, alamat pos, situs web, serta nomor fax dan email.

Umumnya, kartu nama biasa dibuat dengan menggunakan bahan kertas Art Carton yang memiliki ketebalan 310 gsm, 260 gsm, dan 230 gsm. Ukuran standarnya adalah 9 cm x 5,5 cm. 

Kop surat

Kop surat merupakan bagian teratas atau kepala surat di sebuah lembaran isi surat. Biasanya, kop surat terdiri atas nama, logo, dan alamat dari pemilik surat.

Selain itu, biasanya kop surat ini digunakan oleh sebuah office atau perusahaan dan merupakan bagian yang penting pada urusan surat menyurat yang dilakukan perusahaan. Baik itu ketika mengirimkan surat kepada instansi yang resmi maupun yang tidak resmi.

Hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam membuat kop surat ini adalah sebuah logo. Hal ini dikarenakan logo merupakan tanda atau simbol dari sebuah organisasi atau perusahaan yang tentunya harus terlihat semenarik mungkin supaya orang-orang bisa dengan mudah untuk mengingatnya.

Bahan kertas untuk membuat kop surat ini menggunakan bahan kertas HVS mulai dari 70 gsm, 80 gsm, dan 100 g.

Amplop surat

Amplop merupakan sebuah benda yang fungsinya adalah pembungkus surat. Biasanya, sebuah amplop terbuat dari kertas dan dipotong dengan bentuk belah ketupat, selanjutnya dilipat sedemikian rupa.

Sebuah amplop dapat langsung ditutup, dikarenakan amplop biasanya memiliki perekat. Amplop memiliki berbagai jenis dan ukuran.

Ada beberapa jenis amplop yang memiliki jendela (tembus pandang), dengan begitu nama serta alamat penerima dapat ditulis di dalam surat.

Nota atau invoice

Nota atau invoice merupakan bukti transaksi yang diberikan penjual kepada si pembeli atas pembelian barang yang dilakukan secara tunai.

Fungsi nota sendiri adalah bukti pengeluaran uang bagi si pembeli. bagi si penjual, nota memiliki fungsi sebagai bukti penerimaan uang. Maka dari itu, nota ini begitu penting di dalam melakukan sebuah transaksi.

Brosur

Brosur adalah salah satu produk percetakan dan sepertinya bukanlah hal asing lagi untuk didengar. Setiap orang pastinya mengenal yang namanya brosur. Brosur ini juga termasuk sebagai alat promosi jasa, barang, dan lainnya.

Brosur terbuat dari bahan kertas yang di dalamnya terdapat berbagai informasi dan penawaran tentang jasa maupun produk tersebut.

Brosur yang terdiri dari satu halaman umumnya dicetak di kedua sisi serta dilipat dengan menggunakan pola lipatan tertentu, dengan begitu akan terbentuk sejumlah panel yang terpisah.

Flyer

Flyer atau yang sering disebut juga dengan pamflet sebenarnya hampir sama kegunaannya dengan brosur.

Flyer ini dapat berupa pesan maupun promosi acara, ide, pelayanan, dan produk. Perbedaan flyer dengan brosur ini adalah fler dibuat dari lembaran lalu dicetak secara tunggal.

Berbagai produk percetakan di atas merupakan produk yang sudah sangat populer yang ada di masyarakat saat ini. Yang pasti, berbagai produk percetakan tersebut dikerjakan dengan menggunakan berbagai teknik serta jenis percetakan.

× Order Via Whatsapp