Nota merupakan bukti transaksi pembelian barang yang dilakukan secara tunai antara penjual dan pembeli. Biasanya bukti transaksi ini dibuat oleh penjual kemudian diberikan pada pembeli.

Selain itu, bon ini biasanya dibuat dengan rangkap 2, satu lembar digunakan untuk pembeli, kemudian satu lembar lagi digunakan untuk penjual.

Cara Membuat Nota Menggunakan Photoshop Mudah

Sebagai pelaku bisnis, sudah seharusnya Anda membuat nota sendiri. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya menggunakan Photoshop. Berikut langkah-langkah membuat bon menggunakan Photoshop :

  1. Pertama-tama buka software Adobe Photoshop terlebih dulu. Di sini kita bisa memakai Photoshop CS6. Buka File kemudian pilih New, lalu tekan tombol Ctrl N secara bersamaan. Anda bisa memberikan ukuran Nota Landscape sebagai ukuran standar, berukuran 162 x 105 mm. Lalu pilih OK.
  2. Dalam pembuatan nota, Anda memerlukan bantuan Grid untuk membuat baris dan kolom lurus sesuai dengan keinginan. Di sini Anda harus mengatur Grid terlebih dulu. Masuk ke menu pilihan edit, kemudian pilih preferences, lalu pilih guides, dan lanjutkan dengan memilih grid and slices. Lalu atur Gridline every dengan ukuran 25 mm dan subdivision 5. Selanjutnya aktifkan Gridnya lewat menu View, kemudian show lalu pilih Grid. Anda juga bisa menampilkan fitur Ruler agar jaraknya lebih terlihat.
  3. Seperti kita ketahui, bentuk nota biasanya seperti tabel. Karena itulah, Anda harus membuat tabel dengan menggunakan tool Marquee. Anda bisa membuat layer baru terlebih dulu, agar layer tersebut digunakan sebagai tempat tabel. Dengan begitu,jika ada yang salah cukup menghapus bagian layernya saja. Jika tak ingin repot, Anda juga bisa tidak menggunakan layer. Terlebih dulu aktifkan menu Rectangle Marquee Tool. Bentuk kotak persegi, kotak ini bisa dijadikan luas untuk keseluruhan tabel. Kemudian klik kanan lalu pilih stroke, Anda bisa menentukan ketebalan garisnya lewat Width dengan memasukkan ukuran 7 px dan pilih warna hitam. Lalu pilih location center dan tekan OK. Selain menggunakan cara ini, Anda juga dapat membuat tabel lewat shape tool photoshop.
  4. Kini saatnya membuat baris. Anda bisa membuat 1 baris yang berjarak 2 grid, dalam tahapan ini masih memakai Marquee Rectangle Tool. Sehingga baris yang dibuat berjumlah 5 baris. Buatlah persegi panjang dengan tool yang serupa. Kemudian tekan Shift lalu buat lagi persegi yang kedua. Selanjutnya klik kanan, pilih stroke dan terapkan pengaturan garis dengan ketebalan yang sama. Lalu tekan Ok.
  5. Selanjutnya buat kolomnya lagi. Tekniknya sama seperti di atas hanya saja tujuannya di sini adalah dengan memberikan pembatas pada kolom. Jika sudah jadi, sekarang Anda bisa menghilangkan gridnya terlebih dulu. Lalu masuk ke View, pilih Show, kemudian Grid. Jangan lupa pula untuk menambahkan satu kotak di paling bawah, untuk jumlah/total harga.
  6. Langkah berikutnya adalah membuat tulisan. Anda bisa memakai Type Tool kemudian tulis nama toko/perusahaan/kios Anda. Lalu atur jenis font dan ukuran teksnya. Misalnya dengan menggunakan jenis Ferro Rosso berukuran 30 pt.
  7. Apabila Anda ingin memberikan teks atau logo yang tampilannya terlihat transparan, caranya sangat mudah. Cukup drag logo dari explorer ke photoshop. Bisa juga dengan membuka file lalu pilih place dan pilih open. Supaya logonya tampil transparan, cukup mengurangi opacity pada bagian layer.

Jika semua tahapan sudah Anda lewati, nota perusahaan/toko/kios Anda pun sudah berhasil dibuat menggunakan photoshop. Selanjutnya cukup di print atau disimpan terlebih dulu dalam format JPEG. Bagamana, sangat mudah bukan?

Anda juga bisa membuat nota dengan memesan paket cetak nota melalui percetakan-makassar.com. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih detail.

× Order Via Whatsapp