Membuat Sertifikat Dengan Desain Unik Lebih Berkesan

Sertifikat merupakan tanda bahwa seseorang telah memiliki kualifikasi tertentu dalam bidang tertentu yang bisa berguna secara profesional. Sertifikat juga bisa digunakan sebagai tanda penghargaan atas pencapaian seseorang atas usahanya dalam suatu bidang yang diberikan oleh instansi, kelompok, maupun individu tertentu kepada instansi, kelompok, atau individu yang memenuhi syarat untuk mendapatkannya. Maka dari itu sertifikat dengan desain unik lebih berkesan karena tidak jarang pula sertifikat digunakan sebagai branding untuk kelompok atau instansi tertentu dan bisa menentukan seberapa prestige-nya instansi/kelompok/individu yang memberikan sertifikat tersebut. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda perhatikan dalam membuat desain sertifikat yang terlihat lebih profesional dan perestige  agar yang menerima juga merasa dihargai dan senang.

Jenis kertas yang digunakan menentukan kualitas
Benar saja bagi penerima sertifikat apalagi yang bergengsin memang biasanya akan diawetkan dengan dilaminating atau dipajang dengan menggunakan pigura kaca. Namun bukan berarti kualitas keras yang digunakan untuk mencetak sertifikat adalah kertas yang tipis dan mudah rusak. Ketika diberikan tentunya sertifikat dalam keadaan telanjang tidak dilapisi dengan apapun. Sertifikat dengan kertas yang tipis akan memberikan kesan yang tidak profesional dan setengah-setengah, plus murahan karena kertas yang tipis memang lebih murah harganya. Jenis kertas yang baik untuk digunakan mencetak sertifkat adalah kertas BW, BC, linen Jepang, dan kertas Concord dengan permukaannya yang lebih bertekstur.

Tema warna yang sesuai dengan acara
Selanjutnya pilih atau buat desain dengan nuansa warna yang lebih sesuai dengan acara pada saat memberikan sertifikat. Untuk acara yang lebih serius dan formal, sebaiknya gunakan warna-warna yang lebih kalem seperti hitam, putih, abu-abu, biru, dan warna-warna matang lainnya. Sedangkan untuk acara yang lebih kasual, acara kreatif, atau penghargaan yang tidak terlalu bergengsi Anda bisa bermain dengan kreasi sertifikat dengan desain unik lebih berkesan yang diisi dengan permainan warna, tekstur, maupun unsur visual lainnya. Hal ini tentunya untuk menjaga integritas acara yang diadakan agar menjaga image dari pihak yang memberikan sertifikat.

Layout yang rapi
Ukuran sertifikat yang standar biasanya adalah A4 sehingga Anda tidak memiliki terlalu banyak ruang untuk mengisi sertifikat agar terlihat menarik dan juga unik. Oleh karena itu batasi unsur-unsur visual yang ingin Anda sertakan dalam sertifikat. Sertifikat dengan nuansa yang lebih formal biasanya ditambahkan dengan fitur border pada bagian layout-nya, namun jika Anda membutuhkan ruang yang lebih untuk hal yang lebih esensial, border atau pigura ini tidak begitu diperlukan. Tidak perlu menambahkan latar belakang yang terlalu ramai sehingga mengganggu tulisan yang akan lebih sulit terbaca.

Gunakan beberapa font yang berbeda namun jangan terlalu banyak
Sertifikat dengan desain unik lebih berkesan biasanya menggunakan beberapa font yang berbeda untuk menuliskan pemberi sertifikat, penerima sertifikat, dan maksud dari sertifikat tersebut diberikan. Dalam satu sertifikat sebaiknya tidak menggunakan lebih dari 3 jenis font yang berbeda. Anda juga bisa bermain dengan ukuran fontnya yang proporsional dengan layout yang disediakan. Pilih font yang terlihat profesional dan hindari yang terlalu kasual seperti misalnya Comic Sans atau font yang sulit dibaca seperti Bauhaus 93 dan sebagainya. Sertifikat dengan desain yang menarik tentunya akan meningkatkan prestige  pemberi sertifikat. Oleh karena itu pilih vendor pembuat sertifikat yang sudah berpengalaman dan juga profesional dalam membuat desain sertifikat berkualitas dan lebih elegan.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Open chat