Dalam pembahasan kali ini akan dibahas mengenai jenis-jenis kertas yang ada di dalam percetakan. Bagi anda yang ingin menggunakan jasa percetakan, maka pembahasan kali ini mudah-mudahan bisa menambah wawasan anda. 

HVS

HVS mungkin merupakan jenis kertas yang sangat familiar, yang umumnya digunakan untuk Printer Deskjet atau fotocopy.

Kertas HVS ini bisa anda temukan dengan mudah di toko buku. Jenis kertas yang satu ini terbuat dari pulp yang tidak mengandung lignin, dengan begitu tidak akan mudah berubah warna ketika anda letakkan di bawah sinar lampu atau sinar matahari. 

Matt Paper & Art Paper

Kertas Art paper sangat sesuai digunakan dalam mencetak foto. Hal ini dikarenakan bahan kertas Art paper kurang bisa untuk menyerap air. Dengan begitu tidak cocok untuk digunakan pada printer yang memakai tinta dye ink yang memiliki bahan dasar air. 

Art Karton

Kertas Art karton memiliki bahan yang hampir sama seperti Art paper. Untuk Perbedaannya sendiri adalah gramasi Art karton lebih tebal.

Biasanya, kertas Art karton digunakan untuk mencetak katalog, kartu nama, brosur, dan sebagainya yang memang memerlukan kertas yang agak tebal. 

Matte/ Doff Paper

Jenis kertas yang satu ini begitu mudah untuk menyerap tinta. Nah, untuk anda yang ingin sekali mencetak foto dan nantinya foto tersebut akan dibingkai atau sering dipegang-pegang, maka jenis kertas yang satu ini sangat direkomendasikan agar hasilnya jauh lebih baik. 

Sublime Paper

Apakah anda pernah melihat gambar-gambar yang ada di baju? Untuk mencetaknya, ternyata menggunakan mediator kertas sublime paper. kertas jenis sublime dapat memindahkan tinta secara maksimal ke t-shirt. 

Fiber Matte

Fiber matte merupakan salah satu jenis kertas yang paling tahan lama. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan fiber matte menggunakan kertas yang memiliki pH netral. Selain itu, kertas yang satu ini juga dikenal dengan archival paper. 

Double-Side Paper

Double-side paper dapat digunakan dalam mencetak foto dari sisi depan dan belakang. Bahkan, kualitas yang dihasilkan sangat bagus, cenderung doff dan tidak terlalu mengkilap.

Jenis kertas yang satu ini sangat cocok untuk mencetak pamflet dikarenakan membutuhkan dua sisi untuk melakukan promosi. 

Sticker Glossy Foto Paper

Apakah anda pernah melihat sticker dan memperlihatkan foto yang berwana dasar kertas putih serta mengkilap? Ya, kertas inilah yang digunakan dalam pembuatan sticker tersebut. Bahkan, jenis kertas ini dapat mencetak foto yang memiliki resolusi tinggi. 

Laster Foto Paper

Laster foto paper biasanya banyak digunakan untuk kebutuhan dokumen yang ada di perusahaan. Hal ini dikarenakan laster foto paper sangat awet dan bisa bertahan lama sampai puluhan tahun, dapat menghasilkan efek doff, dan tidak mudah luntur.

Permukaan kertasnya mirip seperti kulit jeruk dan ini merupakan ciri khas dalam membedakan dengan kertas jenis lainnya. 

Inkjet Paper

Kertas yang satu ini kurang cocok digunakan untuk digital foto printing, tetapi lebih cenderung digunakan sebagai keperluan grafis, mulai dari arsitektur rumah, sketsa gambar, grafik bar, dan sebagainya. Tetapi, kelebihan inkjet paper adalah serapan tintanya cepat mengering.

Demikianlah beberapa jenis kertas yang digunakan di dalam percetakan. Masih banyak sebenarnya jenis-jenis kertas lainnya, tetapi beberapa jenis kertas yang telah dipaparkan di atas yang paling banyak digunakan.

Selain itu, kualitas kertas-kertas tersebut sangat mempengaruhi hasil akhir dari cetakan yang dihasilkan.

× Order Via Whatsapp