Souvenir

Plakat Akrilik

Plakat akrilik terbuat dari bahan akrilik bening/transparan yang telah di ukir sesuai pola desain dengan menggunakan mesin khusus. plakat akrilik terdiri dari dua jenis yaitu plakat akrilik ukir dan plakat akrilik full color dengan dilapisi bahan stiker yang di tempel pada bagian belakang akrilik. Akrilik dikembangkan pada tahun 1928 di berbagai laboratorium dan diedarkan di pasaran pada tahun 1933 oleh Rohm and Haas Company. Akrilik bersifat ringan, tidak mudah pecah, mudah untuk dipotong, dihaluskan, dibor, dikikir, dicat, dan dikilapkan. Akrilik yang beredar di pasaran tersedia dalam bentuk lembaran dengan berbagai ketebalan dan ukuran.

Silahkan geser gambar untuk melihat portopolio lainnya

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN PLAKAT AKRILIK

  1. Pemotongan badan dan kaki plakat. Tahap pemotongan ini pada dasarnya untuk membuat bentuk dasar plakat. Di tahap ini akrilik lembaran dibentuk sesuai dengan desain plakat yang Anda inginkan. Teknik pemotongan akrilik terdapat 2 jenis yaitu manual menggunakan gergaji atau cutter dan otomatis menggunakan mesin laser. Memotong akrilik dengan cara manual ini sebaiknya hanya untuk desain plakat yang sederhana saja. Seperti bentuk lurus ataupun lengkungan yang sederhana. Desainnya juga harus memiliki radius potong besar. Karena ini adalah teknik manual maka diperlukan keahlian khusus dari para pengrajin plakat agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Namun Anda harus ingat bahwa masalah utama dari teknik manual ini adalah keseragaman hasil potong plakat. Sehingga butuh perhatian lebih pada tahap finishing agar plakat seragam secara ukuran dan bentuk. Teknik memotong akrilik dengan laser mempunyai beberapa kelebihan yaitu kecepatan, keseragaman ukuran dan bentuk, serta kemampuan dalam memotong bentuk yang lebih detail dan rumit. Cukup dengan sekali proses setting desain ke software dan pemotongan dapat dilakukan berulang-ulang dengan waktu yang lebih cepat tentunya. Kekurangan dari mesin laser adalah harga mesin laser tergolong mahal dan membutuhkan daya listrik yang besar. Gas yang dihasilkan oleh mesin laser juga membutuhakan penanganan khusus terutama jika mesin berada di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang tidak maksimal.
  2. Tahap menggambar, menulis dan mewarnai. tulisan pada plakat akrilik dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi. Gambar dan tulisan 2 dimensi pada akrilik dapat dibuat dengan berbagai teknik yaitu sablon dan printing. Kelebihan gambar dan tulisan 2 dimensi adalah Anda bisa membuat tulisan dan warna yang bersifat gradasi. Sedangakan untuk gambar dan tulisan 3 dimensi menggunakan mesin grafir. Prosesnya sama dengan memotong akrilik menggunakan laser. Setelah kedua tahapan di atas masih ada pekerjaan lain dalam membuat plakat akrilik yaitu pekerjaan finishing. Hal ini berarti tahap penghalusan dan pemolesen sebagai sentuhan akhir.  Karena bahkan jika Anda menggunakan mesin laser, akan ada bekas potongan mesin laser yang kurang halus. Tahap finishing biasanya dilakukan secara manual.

Produk Lainnya

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Open chat
Halo Admin! Saya mau nanya Plakat Akriliknya...
Powered by